5 Tips Ampuh Hemat Listrik di Restoran, Cek!

Hemat listrik di restoran – Mengelola biaya operasional restoran menjadi usaha yang cukup menantang, karena akan menentukan besar keuntungan yang dapat diraup. Pengelola restoran yang cerdas adalah mereka yang mampu menentukan pos anggaran mana yang perlu dioptimalkan margin-nya.

Berbicara tentang listrik, pos ini termasuk yang membuat bengkak pengeluaran restoran. Banyaknya lampu penerangan yang hidup hampir 24/7 kerap bikin listrik boros. Ada pula pendingin ruangan yang konsumsi energinya juga boros. Dan perangkat-perangkat elektronik lainnya.

Baca juga:

Maka dari itu, Anda sebagai pengelola ataupun karyawan yang bekerja di restoran, perlu tahu bagaimana cara hemat listrik di restoran. Karena jika tidak diperhatikan, perkara listrik ini akan meluas ke anggaran restoran Anda dalam jangka waktu yang panjang. 

1. Hemat Listrik di Restoran Bisa Dilakukan dengan Memakai Perangkat Elektronik yang Tidak Boros Energi 

Apapun perangkat elektronik di Restoran Anda, entah lemari pendingin, oven, atau lampu penerangan, usahakanlah memiliki kualitas yang tinggi. Tidak harus tanpa energi, asal perangkat elektronik itu bermutu dan mengonsumsi sedikit energi. Setidaknya penggantian perangkat elektronik dapat menghemat bisnis Anda hingga jutaan rupiah per tahun. 

2. Merawat Perangkat Restoran Juga Merupakan Langkah Terpenting Dalam Menghemat Konsumsi Listrik

Saya yakin tidak sedikit dari Anda yang mengetahui bahwa perangkat elektronik yang kian usang akan menurun kualitasnya. Seiring menurunnya kualitas, perangkat pun memerlukan tambahan energi agar dapat menopang kekurangan pengoperasian peralatan. Sehingga listrik yang dikeluarkan untuk penggunaan perangkat elektronik di restoran Anda pun semakin banyak. 

Di samping itu, sebaiknya Anda memakai sistem penyaringan air. Karena ada kemungkinan terjadinya klasifikasi dan deposit mineral pada perangkat berbasis air, apabila Anda tidak menggunakan sistem penyaringan air. Tentu saja aktivitas ini pun membutuhkan tambahan konsumsi energi. 

3. Langkah Hemat Listrik di Restoran Dapat Dilakukan dengan Mengurangi Konsumsi Air 

Anda harus memilih perangkat terbaik yang mampu mengefisienkan penggunaan air, seperti katup semprot pra-bilas yang memakai kurang dari satu galon air per menit. Jangan lupa untuk memastikan pipa di dalam restoran Anda tidak bocor. Selain itu, ajak karyawan untuk memakai air seperlunya.

4. Tatalah Ruang Dapur Anda Agar Lebih Efisien

Pisahkan perangkat pemanas dan pendingin. Jika kedua perangkat ini bersebelahan, maka energi listrik yang dikeluarkan semakin banyak. Karena dibutuhkan tambahan energi untuk bisa menstabilkan suhu batas. 

5. Mematikan Perangkat Elektronik dan Lampu adalah Langkah Terbaik dalam Melakukan Hemat Listrik di Restoran

Mungkin langkah ini terdengar sederhana, namun sesungguhnya inilah langkah terbaik dalam menghemat listrik di restoran Anda. Dengan Anda mematikan perangkat elektronik ketika tidak digunakan, maka akan banyak energi yang dapat Anda hemat. Begitu pula dengan lampu. Ini bisa menghemat anggaran restoran Anda sampai puluhan juta sebulan.

Pokoknya, selama tidak bertugas, mintalah pada juru masak Anda untuk mematikan kompor atau penggorengan. Hidupkan lagi perangkat itu saat restoran Anda mulai dibuka sampai ditutup. Jangan lupa untuk menggunakan pengatur waktu untuk pencahayaan outdoor restoran Anda, agar dapat menghemat banyak energi. Atau Anda bisa juga memakai lampu outdoor bertenaga surya agar lampu dapat mengisi daya secara mandiri. 

Sumber: https://restomart.com/5-tips-menghemat-energi-untuk-restoran/


Tulisan terkait :

Leave a Comment