5 Tips Aman Pemakaian Listrik Saat Musim Hujan

Aman Pemakaian Listrik – Tahun baru datang, musim hujan pun tiba di negeri tercinta. Musim hujan tentu membawa kebahagiaan bagi beberapa lapisan masyarakat. Terutama jika tempat yang dilanda adalah lahan yang selalu kering. Adanya hujan dapat mempercepat pertumbuhan tumbuhan yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat. 

Baca juga:

Lantas bagaimana jadinya jika hujan yang datang malah menjadi bumerang? Yang alih-alih membawa kemakmuran ia malah menggiring ‘petaka’ untuk penghuni daratan? Seperti membahayakan nyawa dengan setrum listrik, misalnya. Barangkali fenomena inilah yang menjadi ketakutan kita semua.

Oleh karena itu, berikut adalah 5 Tips Aman Pemakaian Listrik Saat Musim Hujan, yang bisa menjadi pedoman Anda ketika menghadapi musim hujan yang sekiranya membahayakan nyawa. Yuk, check it out!

1. Mematikan dan Mencabut Peralatan Listrik

Saat hujan menghadang, ada hal pertama yang perlu Anda lakukan agar aman pemakaian listrik. Adalah memerhatikan dan memastikan keamanan instalasi listrik. Apakah saat hujan instalasi listrik Anda aman atau malah membahayakan keselamatan Anda. Kemudian, Anda pun perlu memikirkan dampak lebih lanjut jika instalasi listrik Anda mengalami kerusakan [1].

Oleh karena itu, Anda perlu mematikan listrik dari Meter Circuit Breaker (MCB) dan Earth Leakage Circuit Breaker (ELCB). Pertama, untuk MCB, Anda perlu memastikan apakah MCB dipasang di rumah sesuai dengan daya listrik yang terpasang, berstandar SNI, dan terpaut dalam box MCB [2]. Akan tetapi, bukan berarti langkah ini sudah aman dari segala kemungkinan bahaya. Maka dari itu, ketika air hendak datang menghampiri, matikanlah MCB di kWh meter.  

Kedua, untuk ELCB, Anda bisa melakukan dua cara. Pertama, Anda dapat menggunakan ELCB yang dapat mengamankan Anda dari setruman listrik. Pastikan ELCB milik Anda terpasang dengan baik — di mana ELCB Anda sudah dilengkapi dengan box pengaman. Adapun cara yang kedua, jika Anda kurang yakin dengan keamanan ELCB Anda, Anda bisa mematikan ELCB supaya listrik rumah mati [3].

2. Pastikan Keamanan Peralatan Listrik

Ketika terjadi hujan besar atau ada tanda-tanda akan banjir, Anda harus melakukan langkah ini agar rumah Anda aman pemakaian listrik! Anda patut memastikan apakah kabel yang digunakan sudah cocok dengan Kemampuan Hantar Arusnya (KHA). Periksa juga sambungan kabel di rumah Anda, apakah terlalu banyak, tidak tersambung dengan benar, atau malah bukan keduanya. Hal ini mesti diperhatikan, karena dapat mengakibatkan kebakaran. 

Setelah itu, Anda harus bersegera mencabut seluruh peralatan listrik di rumah. Sebagai catatan, langkah ini perlu Anda lakukan dengan hati-hati. Nah, saat mencabut peralatan elektronik, jangan sampai Anda memegang kabel yang terkelupas ataupun yang terbuka ya! 

Setelah mencabut semua peralatan elektronik dari stop kontak, pindahkan peralatan elektronik Anda ke tempat yang aman dari air. Anda bisa meletakkannya di tempat yang lebih tinggi.

Terakhir, jika kasus rumah Anda mengalami banjir dan akan surut, pastikan semua peralatan elektronik Anda sudah kering. Karena PLN akan melakukan penormalan listrik apabila rumah warga dalam keadaan kering dan siap untuk dialiri listrik.

3. Menggunakan Alat Pengaman Diri

Saat hujan deras atau banjir, Anda perlu memakai alat pengaman diri! Selain agar aman pemakaian listrik, langkah ini ditujukan agar Anda terhindar dari kemungkinan tersetrum listrik. Anda wajib menggunakan sepatu boots yang anti air, agar tidak terkena pecahan kaca, paku, bakteri, ataupun arus listrik bocor.

4. Maksimalkan Aman Pemakaian Listrik dengan Inspeksi Rutin!

Langkah ini harus Anda lakukan jauh-jauh hari, dan kalau bisa dilakukan secara rutin. Agar rumah Anda benar-benar aman dalam pemakaian listrik. Anda perlu memonitoring keamanan perangkat elektronik dan instalasi listrik rumah Anda. Jika ditemukan ketidakcocokan perangkat elektronik dan instalasi listrik dengan standar keamanan yang Anda, gantilah dengan komponen yang mumpuni. Atau Anda bisa melaporkan ke PLN jika menemui ada kabel listrik yang berbahaya bagi keselamatan Anda dan orang-orang sekitar. 

5. Pastikan Aman Pemakaian Listrik Anda dengan Menghubungi PLN!

Apabila Anda sedang dalam kondisi berbahaya, Anda harus segera memastikan apakah rumah Anda aman pemakaian listrik atau tidak. Caranya, dengan menghubungi PLN 123 agar permasalahan Anda segera ditangani. Apabila listrik tidak padam saat banjir, misalnya, Anda perlu melapor agar segera dilakukan pemadaman. Di samping itu, hubungilah instansi terkait untuk penanganan dampak lanjut dari banjir.

Referensi:

[1] Wicaksono A, 2019, Ini Tip Aman Pemakaian Listrik Saat Musim Hujan, Republika, dilihat 02 Februari 2021,  <https://republika.co.id/berita/q2r821396/ini-tip-aman-pemakaian-listrik-saat-musim-hujan>.

[2] Hidayati N, 2019, Musim Hujan TIba, Periksa Instalasi Listrik di Rumah Yuk!, beritabaik.id, dilihat 03 Februari 2021, <https://beritabaik.id/read?editorialSlug=gaya-hidup&slug=1541652214849-musim-hujan-tiba-periksa-instalasi-listrik-di-rumah-yuk>.

[3] Meidinata N, 2020, Musim Hujan, Ini 5 Cara Agar Rumah Aman dari Bahaya Korsleting, dilihat 03 Februari 2021, <https://www.solopos.com/musim-hujan-ini-5-cara-agar-rumah-aman-dari-bahaya-korsleting-1039472>


Tulisan terkait :

Leave a Comment