Water Intake Pada Pembangkit Tenaga Listrik

Sistem water intake pada pembangkit tenaga listrik berfungsi sebagai penyedia fasilitas pendingin utama kondenser steam turbine dan closed cooling water heat exchanger.

Prinsip kerja sistem water intake

Prinsip kerja sistem water intake adalah mensirkulasikan air laut sebagai pendingin utama dari area inlet water intake menuju kondensor menggunakan pompa sirkulasi (Circulation Water Pump / CWP). Setelah dari kondensor air laut dialirkan ke outfall menuju lautan lepas. Agar proses heat transfer di kondensor tidak terhambat oleh sampah dan benda asing lainnya, diperlukan instalasi Screen System.

Screen system terdiri dari Screen Wash Pump Bar Screen, Trash rake, Travelling Band Screen, dan. Bar Screen berfungsi sebagai penangkap sampah atau benda asing yang mengalir pada air laut system pendingin utama. Sampah atau benda asing ini kemudian dibersihkan dengan cara diangkat menggunakan Trash Rake ke permukaan kanal. Untuk mencegah sampah atau benda asing yang masih lolos dari Bar Screen, maka diperlukan instalasi Travelling Band Screen dengan mode operasi terprogram.

Peralatan utama sistem water intake

Peralatan utama pada sistem water intake terdiri, Bar Screen, Trash rake, Travelling Band Screen, Screen Wash Pump dan Circulation Water Pump.

Bar Screen

Bar Screen merupakan gerbang awal untuk menangkap sampah yang masuk pada sistem water intake.

bar screen
bar screen

Trash rake

Setelah sampah tersangkut pada bar screen maka sampah sampah tersebut diambil menggunakan trash rake untuk selanjutnya dikumpulkan pada trash basket.

Trash rake
Trash rake

Travelling Band Screen

Alat ini berfungsi untuk menangkap sampah dengan ukuran yang lebih kecil yang tidak tertangkap pada trash rake juga untuk menjaring biota-biota laut seperti kerang, ikan, lumut, dsb.

traveling screen
Travelling Band Screen

Screen wash pump

Alat ini berfungsi untuk melepaskan biota-biota laut yang menempel pada travelling band screen.

Circulating water pump

Circulating water pump berfungsi untuk mentransfer air laut sebagai air pendingin ke kondensor untuk menkondensasikan gas buang dari steam turbin.

circulating water pump
Circulating water pump

Sebelum CWP dioperasikan dari Central Control Room (CCR), maka screen system harus dioperasikan terlebih dahulu agar sampah atau benda asing yang ikut mengalir dapat dicegah masuk sistem pendingin utama.

Screen System dioperasikan dari Local Control Box dan dari Electrical Control Cabinet yang terinstal di ruang control Water Intake Screen System. Screen System tidak dapat dioperasikan dari CCR tetapi dapat dimonitor dari CCR.

 Peralatan Pengaman dan Monitoring

Pada water intake system ini diperlukan pengamanan berupa Injeksi Klorin, dan cathodic protection. Peralatan pengaman ini akan dibahas pada artikel tersendiri. Sedangkan monitoring terhadap system berdasarkan prosedur system yang berlaku (mengacu pada SOP dan IK system).


Tulisan terkait :

Leave a Comment