Cara Pasang Pipa Listrik yang Baik Sesuai Prosedur, Aman!

Pipa listrik menjadi bagian penting ketika ingin membuat sistem instalasi yang tertata dan aman. Pemasangan pipa listrik atau pipa conduit umumnya dilakukan oleh teknisi. Namun, penting untuk mengetahui cara pasang pipa listrik agar bisa melakukannya sendiri ketika terjadi kerusakan ringan.

Fungsi pipa listrik untuk melindungi kabel listrik yang ada di dalamnya dan biasanya tertanam di tembok. Adanya pipa listrik ini menjadikan kabel tetap aman dari kerusakan serta mampu melindungi dari bahaya sengatan listrik ketika ada kegagalan instalasi dalam rumah.

Mengenal Pipa Listrik

Mengenal Pipa Listrik

Kabel menjadi komponen penghantar arus listrik. Oleh karena itu, kabel wajib diberi pengaman agar terhindar dari kerusakan. Kerusakan ini bisa diakibatkan oleh panas, hujan, gigitan tikus, kejatuhan benda, dan lainnya.

Cara terbaik untuk mencegahnya yaitu dengan melakukan instalasi pipa listrik. Pipa listrik adalah salah satu instalasi kelistrikan yang dibutuhkan dalam pemasangan kabel di rumah.

Pipa kabel listrik selain untuk mencegah kerusakan, juga berfungsi untuk menjaga keamanan pengguna dari bahaya kebakaran atau sengatan listrik. Kabel yang saling bergesekan akan lebih aman apabila dilindungi oleh pipa listrik.

Jika dilihat dari segi estetika, pasang pipa listrik menjadikan kabel terlihat rapi dan enak dipandang mata. Tembok terkesan lebih bersih tanpa adanya kabel yang berantakan.

Jenis Pipa Listrik

Sebelum membahas mengenai cara pasang pipa listrik, alangkah baiknya mengetahui jenis pipa instalasi listrik. Pipa listrik memiliki beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut.

1. Pipa Listrik Clipsal

"</figure

Pipa listrik jenis ini mempunyai sifat yang fleksibel dan sangat lentur karena dibuat dari bahan PVC. PVC ini mudah digunakan serta dibengkokkan. Umumnya, pipa listrik clipsal memiliki warna putih dengan diameter 20 mm. Pipa ini cocok dipasang di luar ataupun di dalam dinding.

2. Pipa Listrik Galvanis

Pipa Listrik Galvanis

Pipa listrik galvanis dibuat dari besi galvanis. Ukuran ketebalan pipa ini yaitu 1 mm. Pipa listrik galvanis biasa disebut pipa ledeng serta bisa dipakai di luar ruangan dengan cara ditanam dalam tanah. Jenis pipa listrik ini cocok digunakan untuk kebutuhan lampu taman ataupun dak standar.

Kelebihan Pipa Listrik

Kelebihan Pipa Listrik

Ada beberapa kelebihan utama dari pipa listrik conduit yang menjadikan pipa ini aman untuk melindungi kabel listrik. Beberapa kelebihan pipa conduit diantaranya yaitu:

  • Tahan terhadap api serta tidak mudah terbakar
  • Tahan terhadap cuaca ekstrem
  • Memiliki bobot yang ringan jika dibandingkan dengan pelindung kabel lain
  • Mudah dipotong, sehingga menghasilkan potongan yang rapi dan bersih
  • Mudah ditekuk serta dibengkokkan menggunakan alat bantu pipe bending tool untuk menghasilkan tekukan yang lebih rapi
  • Tahan terhadap karat
  • Menjadi isolator yang baik serta tidak merusak kabel karena tekstur bagian dalamnya halus
  • Memiliki harga yang relatif terjangkau

Baca Juga: 5 Tips Ampuh Hemat Listrik di Restoran, Cek!

Cara Pasang Pipa Listrik

Cara Pasang Pipa Listrik

Untuk pemasangan pipa kabel listrik pada jaringan yang rumit pasti membutuhkan seorang teknisi. Namun, jika hanya instalasi sederhana atau penambahan jaringan listrik, maka bisa dilakukan sendiri.

Berikut beberapa cara pasang pipa kabel listrik yang aman untuk kabel di rumah:

  • Pastikan untuk mematikan aliran listrik terlebih dahulu secara keseluruhan supaya tidak terjadi korsleting saat mulai memasang pipa kabel listrik.
  • Pasang konektor kabel pada kotak saklar dengan tujuan untuk menyambungkan kabel baru.
  • Rancang terlebih dahulu ke mana saja jalur pipa serta kabel akan dilakukan. Pastikan tidak mengganggu kegiatan orang rumah dan berbagai furnitur dalam rumah.
  • Potong sesuai ukuran, kemudian bentuk pipa sesuai jalur yang sudah direncanakan sebelumnya.
  • Ketika akan melakukan pemasangan pipa, pasang penopangnya pada titik-titik tertentu, terutama di bagian langit-langit atau tembok.
  • Ketika pipa telah terpasang, kemudian masukkan dan tarik kabel menuju ke dalam pipa mengikuti jalur yang sudah ditentukan.
  • Setelah kabel diatur hingga sampai ke titik tujuan, maka potong kabel lalu sambungkan lagi dengan kotak saklar tujuan atau stop kontak.
  • Pastikan tidak ada lubang atau celah yang ada di sepanjang jalur kabel dan pipa supaya kabel terlindungi dengan aman.

Tips Pemasangan Pipa Kabel Listrik

Tips Pemasangan Pipa Kabel Listrik

Cara pemasangan pipa listrik sebenarnya cukup mudah. Ada tips tambahan yang perlu diketahui, diantaranya yaitu:

  • Desain terlebih dahulu jalur instalasi listrik supaya mudah dalam menghitung panjang pipa yang dibutuhkan. Selain itu, perencanaan awal ini bisa membantu proses pemasangan lebih terintegrasi dengan baik.
  • Sesuaikan terlebih dahulu jalur instalasi yang ada supaya tidak saling bertumpuk atau bertabrakan.
  • Ketahui secara detail spesifikasi pipa yang akan digunakan
  • Pakai sambungan pipa yang dipasang menggunakan klem apabila terdapat pertemuan antara pipa di plafon dengan pipa sparing.
  • Agar penarikan kabel di dalam pipa mudah dilakukan, maka gunakan kawat pancing.

Kesimpulan

Penting untuk mengetahui cara pasang pipa listrik agar bisa melindungi kabel dari resiko kerusakan serta bahaya korsleting listrik. Sebelum melakukan pemasangan, pastikan memilih jenis pipa yang lentur sehingga gampang dibengkokkan dan mempermudah proses pemasangan nantinya.

Baca Juga: Biaya Instalasi Listrik PLN Terbaru dan Rincian

Leave a Comment

Close
Maximize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: