Sistem Condensor Cleaning

Sistem Condensor Cleaning

Sistem Tapprogge (ball cleaning)

Cara yang umum digunakan pada pembersihan saat berbeban antara lain dengan ”tapprogge” sebagaimana ditunjukan pada gambar 7.1 di bawah

Dalam proses ini bola – bola karet (sponge) yang diameternya kira – kira 10% lebih besar dari ukuran diameter bagian dalam (inner diameter) pipa dilewatkan terus menerus melalui pipa-pipa oleh aliran air pendingin (Cooling Water).

Bola-bola diisikan ke dalam sistem pada kotak air masuk (inlet water box) mengalir melalui pipa dan dikumpulkan di kotak air keluar (outlet water box) dan kemudian dikembalikan lagi ke sisi masuk. Biaya untuk pemasangan sistem tapproge ini cukup tinggi, dan biaya penggantian bola-bola yang hilang dan rusak juga menambah besar kenaikan biaya operasi. Namun di sisi lain, sitem tapproge ini memberikan keuntungan karena menaikkan vakum kondensor yang lebih besar, dan keuntungan ini lebih besar daripada modal dan biaya operasi selama umur operasi sistem.

Sistem Tapprogge

Gb 1. Sistem Tapprogge

Back Wash (Pencucian Balik)

Katup pencuci balik (back wash valve) dipasang pada masing-masing kotak air (water box) untuk keperluan pencucian dengan membalikan arah aliran air pendingin. Pencucian ini dapat dilakukan pada kondisi unit beroperasi. Pencucian balik kondensor adalah cara untuk mencegah terbentuknya deposit dan menurunkan kecepatan perpindahan panas secara keseluruhan akibat adanya pengotoran pada pipa, mengurangi endapan binatang laut dan benda – benda asing.

Katup pencucian balik harus digunakan dengan posisi tertutup penuh atau terbuka penuh untuk pencegahan gangguan katup akibat gaya dorong yang besar terhadap badan katup. Pada instalasi ini, pencucian balik dapat dilaksanakan secara berurutan dan otomatis.

Sistem Manual

Sistem ini dilaksanakan saat unit out of service (tidak beroperasi) dengan membersihkan     kotoran-kotoran disisi inlet dan outlet kondensor. Untuk pipa dapat dibersihkan dengan sistem tekanan, yaikni menggunakan air ataupun bola yang ditekan memakai udara.

Condensor Back Washing

Gb 2. Condensor Back Washing

Leave a Comment