foto bersama kunjungan ke paiton

Mengunjungi PLTU PLN Pertama Peraih PROPER Emas Unit Pembangkit Paiton 1&2

By | 2018-06-19T15:28:27+00:00 February 10th, 2018|

Studi banding PROPER Emas ke Unit Pembangkit Paiton

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan kesempatan mengunjungi Unit Pembangkit Paiton Blok 1&2 dalam rangka studi banding proper emas. Berbicara tentang Unit Pembangkit Paiton 1&2, Unit ini sudah beroperasi sejak tahun 1993 dengan kapasitas terpasang 2 x 400 MW menggunakan bahan bakar batubara. Pembangkit ini terletak di desa Bhinor, kecamatan Paiton Probolinggo, Jalan Raya Surabaya- Situbondo.

letak pltu paiton

Pada kawasan PLTU Paiton terdapat beberapa unit pembangkit, tidak hanya Unit Pembangkit 1&2 tetapi terdapat 9 unit pembangkit dengan kapasitas total terpasang 4.600 MW pada luas area 140 Ha.

Unit Pembangkit Paiton

Dalam operasinya Unit Pembangkit Paiton memasok beban menggunakan saluran transmisi 500 kV dengan kontribusi sebesar 3.3% pada sistem JAMALI.

Peta Sistem Kelistrikan Region Jawa Timur dan Bali

Raihan Proper Emas Unit Pembangkit Paiton 1&2

Proper merupakan peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan yang dikembangkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup (KLP) yang dimulai sejak tahun 1995 dalam rangka untuk mendorong perusahaan meningkatkan pengelolaan lingkungannya.

Dari penilaian proper, perusahaan akan memperoleh citra/reputasi sesuai bagaimana pengelolaan lingkungannya. Citra tersebut dinilai dengan warna emas, hijau, biru dan hitam. Proper emas merupakan proper yang terbaik, artinya perusahaan tersebut sudah menerapkan pengelolaan lingkungan secara menyeluruh dan kontinu serta melebihi dari yang telah dipersyaratkan dan melakukan upaya-upaya pengembangan masyarakat secara berkesinambungan.

Prestasi yang diraih Unit Pembangkit Paiton 1&2 lewat proper emasnya pada tahun 2017 tidak semata2 didapat dengan mudah, butuh proses yang berkesinambungan dan konsisten hal ini yang dikatakan Bp. Endang Selaku manajer di Unit Pembangkit Paiton 1&2.

Sebelumnya Unit Pembangkit Paiton 1&2 pada tahun 2014 hingga 2016 berturut-turut mendapatkan proser hijau. Baru pada tahun 2017 lalu Unit Pembangkit Paiton 1&2 meraih Proper emas. Proper hijau yang didapat oleh Unit Pembangkit Paiton sebelumnya berarti menggambarkan unit pembangkit tersebut telah melakukan pengelolaan keanekaragaman hayati, sistem manajemen lingkungan, 3R Limbah padat, 3R limbag B3, konservasi penurunan beban pencemaran air, penurunan emisi dan efisiensi energi lebih dari yang dipersyaratkan

Bagaimana dengan proper emas yang didapat Unit Pembangkit Paiton 1&2, apa saja upaya yang telah dilakukan? Dari melihat permasalah yang ada dilingkungan sekitarnya seperti kondisi atau tingkat kesejahteraan para petani, kondisi hasil panen yang terus menurun, adanya kelangkaan pupuk serta ketergantungan petani pada pupuk kimia yang tinggi, dijawab dengan adanya program-program yang akhirnya mendatangkan manfaat bagi lingkungan serta masyarakat sekitar.

Masalah-masalah yang ada terebut dijawab melalui program pemberdayaan lingkungan yang dimulai pada 2014 melalui program Organic Integrated System serta Bank Tanaman Alam Hijau. Melalui dua program ini kesejahteraan petani mulai meningkat, 80% petani mulai menerapkan pertanian menggunakan pupuk organik, bertambahnya minat generasi muda dibidang pertanian , bertambahnya anggota kelompok, biaya produksi yang lebih murah, dan masih banyak lagi hal yang bisa disambung pada kolom komentar.

Proper emas melalui Comunity Development Unit Pembangkit Paiton

Program lainnya yang menarik untuk diceritakan yaitu bank bibit terumbu karang dengan media pagar BRC Bekas. Dari medianya yaitu pagar bekas dengan ide yang cemerlang dapat dimanfaatkan untuk proses transplantasi karang sebanyak 800 bibit karang di coral bank 1-2, menurut saya ide ini sangat luar biasa, karena trumbu karang merupakan media atau tempat bagi banyak habitat di lautan dan secara langsung program ini mendukung keanekaragaman hayati dengan tetap memperhatikan lingkungan sekitar termasuk lautan.

Comunity Development PJB Paiton

Kemudian program-program lainnya yang berdampak positif yaitu effisiensi energi dan penurunan emisi yang sudah terbukti di tingkat korporat melalui juara pada karya inovasi. Dan sebagai penutup pada artikel kali ini saya ucapkan selamat pada Unit Pembangkit Paiton Blok 1&2 dan semoga raihan prestasi yang dicapai ini dapat menginspirasi unit pembangkit lainnya.

2 Comments

  1. Bagus Putro Rahardjo February 10, 2018 at 9:10 am - Reply

    Terima kasih Bpk Alief Rakhman , artikel demi artikel saya ikuti.
    Mohon ijin saya skrg mau cari artikel bapak ttg Chlourination plant dan Waste Water Plant.

    • alief rakhman February 12, 2018 at 12:54 pm - Reply

      Trimakasih Pak Bagus, smoga bisa bermanfaat, mohon maaf kalau masih banyak kekurangan

Leave A Comment