Buku concepts in engineering

Mengulas Buku Concepts in Engineering

By | 2018-05-20T08:36:13+00:00 July 31st, 2016|

Akhirnya kuluangkan waktu juga untuk mengulas buku Concepts in Engineering yang merupakan buku terbitan McGraw-Hill yang dicetak ulang berbahasa indonesia oleh penerbit Kencana Prenada Media Grup. Ditulis oleh dua orang Pakar dalam bidang keteknikan yaitu Prof Mark T. Holtzapple dan Prof W. Dan Reece.  Buku ini waktu itu saya jadikan hadiah untuk adik saya yang akan memasuki ke jenjang perkuliahan, dengan harapan dapat memberikan gambaran yang luas tentang dunia keteknikan dan persiapan yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Insinyur. Materi yang disampaikan buku ini cukup ringan untuk dibaca tapi berbobot dan sangat bermanfaat untuk teman-teman yang baru akan masuk di dunia perkuliahan, mahasiswa atau praktisi sekalipun.

Apasih yang disampaikan pada buku Concepts in Engineering? Pada awal pembahasan buku ini memaparkan tentang perbadaan jenjang saat kita menjadi siswa di bangku SMU dan mahasiswa di perguruan tinggi. Di perguruan tinggi tentunya kita dituntut untuk menjadi dewasa dan mandiri serta harus mampu dalam menyelesaikan kan beberapa hal mendasar seperti kemampuan hidup dasar (basic living skills), kemampuan menyelesaikan masalah tanpa bantuan orang lain, mengatur waktu, mengatur keuangan, tuntutan untuk bisa bergaul dan tuntutan harus selalu sehat ^_*  Beberapa tips juga disampaikan pada buku Concepts in Engineering ini untuk mendukung pencapaian tesebut seperti seperti keterampilan belajar, tips untuk menciptakan lingkungan yang menyenangkan, tips dalam mengatu waktu, tips untuk bekerja dalam tim dan masih banyak lagi. Ringkas kata pada awal bab ini banyak hal menarik yang dibahas untuk membantu teman-teman agar sukses dalam perguruan tinggi.

Bab kedua pada buku Concepts in Engineering ini menjawab tentang definisi seorang insinyur, keprofesiannya serta disiplin ilmu seperti teknik sipil, mesin, elektro, kimia, industri, aerospace, material, pertanian, nuklir, arsitektur, biomedis, ilmu dan teknik komputer, dan bidang lain yang terkait. Tiap-tiap disiplin ilmu diulas secara terperinci hingga spesialisasi pekerjaan yang akan digeluti pada dunia kerja. Kemudian pada bab-bab berikutnya menjelaskan etika dalam dunia teknik, penyelesaian masalah serta teknik atau metode pendekatannya dan masih banyak tulisan menarik yang tentu dijelaskan pada bab selanjutnya.

Hal penting yang ditekankan pada buku Concepts in Engineering ini yaitu untuk memotivasi mahasiswa akan berbagai karier yang bisa diraih oleh pada lulusan teknik. Kedua penulis membekali para mahasiswa dengan wawasan dan berbagai strategi yang sudah teruji, dan sara-saran yang perlu sebagai bagian dari sejumlah cara mencapai sukses akademis maupun pekerjaan. Selain itu ada pula hal-hal strategis yang ditambahkan seperti membangkitkan motivasi dan ketertarikan pada teknologi, memaparkan cara yang efektif untuk meningkatkan keahlian dalam memecahkan persoalan, menanamkan nilai-nilai profesionalisme serta menjelaskan pentingnya keterampilan berkomunikasi dibidang profesi teknik. Saran saya buku ini sayang untuk dilewatkan bagi kita yang bekerja dalam bidang teknik maupun mahasiswa pada jalur keteknikan. Semoga sekilas ulasan tentang buku Concepts in Engineering ini bermanfaat bagi kita semua.

Leave A Comment