Mengunjungi Unit Jasa Pembangkitan UJP PLTU Pangkalan Susu

Beberapa waktu lalu saya mendapatkan kesempatan untuk Mengunjungi Unit Jasa Pembangkitan UJP PLTU Pangkalan Susu dalam rangka Forum Grup Diskusi (FGD) Implementasi Predictive Maintenance (PdM). Dalam FGD tersebut mendiskusikan Implementasi Pemeliharaan Prediktif masih-masing unit pembangkitan serta studi kasus penanganan permasalahan. Dari kegiatan ini kita dapat mengetahui sudah sejauh mana technologi yang digunakan dapat dimanfaatkan di masing-masing unit pembangkit serta implementasi teknisnya dalam mengatasi permasalahan yang ada. Teknologi tersebut seperti vibrasi, thermography, Partial Discharge, Disolved Gas Analysis (DGA) dsb. FGD berjalan selama dua hari dengan agenda presentasi dari masing-masing unit pembangkit serta tanya jawab oleh peserta yang hadir.

Bagaimana dengan PLTU Pangkalan Susu? Unit ini merupakan salah satu pembangkit dalam proyek FTP. PLTU Pangkalan Susu terletak di desa Tanjung Pasir Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat Sumatera Utara. Mengapa di sebut Pangkalan Susu, Susu dalam bahasa batak merupakan minyak, yang berarti pangkalan minyak.

peta pangkalan susu

Peta Pangkalan Susu

Untuk mengunjungi PLTU Pangkalan Susu memerlukan waktu dua jam perjalanan dari jakarta ke medan dan empat jam perjalanan sekitar 120 km dari medan (bandara Kualanamu) ke Unit tersebut. UJP PLTU Pangkalan Susu dibangun diatas area seluas 105 Ha dengan kapasitas terpasang 2 x 200 MW.

overview sistem pembangkitan PLTU Pangkalan Susu

Sistem Pembangkitan Pangkalan Susu

 

Dalam proses operasinya PLTU Pangkalan Susu mengunakan bahan bakar HSD untuk proses start dan bahan bakar batu bara untuk operasionalnya. Kapasitas terpasang 2 x 200 MW digunakan untuk mensuplai GI Binjai melalui SUTT 275 kV dengan jarak kurang lebih 70 km. Jasa Operasi dan Pemeliharaan PLTU Pangkalan Susu ini dilaksanakan oleh PT Indonesia Power bersama dengan PT Cogindo. Pendampingan oleh Guangdong Power Energi corp dilakukan hingga proses major commissioning berakhir.

online diagram jaringan kelistrikan sumatra bagian utara

Single line Diagram Sumatera Bagian Utara

               

Saat ini di UJP Pangkalan Susu terdapat proyek perluasan pembangunan pembangkitan yang baru untuk unit 3 dan 4 dengan harapan dengan kapasitas yang bertambah, aliran listrik dapat menjangkau ke daerah – daerah yang selama ini belum teraliri listrik. Waktu dua hari di medan terasa begitu singkat, Mungkin ini sedikit cerita singkat perjalanan saya ke UJP PLTU Pangkalan Susu, sampai jumpa pada cerita menarik lainnya.

foto di istana maimum medan

Leave a Comment

Close
Maximize
Page:
...
/
0
Please Wait
...
Second
Code: