Reverse Osmosis

Osmosis

Prinsip kerja filter reverse osmosis adalah berdasarkan pada peristiwa osmosis yang terjadi di alam. Osmosis adalah peristiwa bergeraknya air dari larutan yang mempunyai konsentrasi lebih rendah melalui membran semi permeabel ke larutan yang mempunyai konsentrasi lebih tinggi sampai  tercapai keseimbangan. Membran semi permeable hanya bisa dilewati micro molekul (ion). kedua sisi cairan mempunyai perbedaan konsentrasi molekul dimana larutan encer mempunyai konsentrasi yang lebih kecil dibandingkan larutan pekat. Inilah yang menyebabkan larutan encer akan bergerak melewati membran ke arah larutan pekat sampai kedua larutan mencapai kesetimbangan. Hal ini disebut juga dengan OSMOSIS.

Reverse Osmosis

R.O. (Reverse Osmosis) adalah suatu metode pemurnian melalui membran semi permeable di mana suatu tekanan tinggi (50-60 PSI) diberikan melampaui tarikan osmosis sehingga akan memaksa air melewati proses osmosis terbalik dari bagian yang memiliki kepekatan tinggi ke bagian dengan kepekatan rendah. Selama proses ini terjadi, kotoran dan bahan yang berbahaya akan dibuang sebagai air tercemar. Molekul air dan bahan mikro yang lebih kecil dari pori-pori R.O. akan melewati pori-pori membran dan hasilnya adalah air yang murni. RO menggunakan tekanan untuk mendorong larutan pekat melewati membran RO menuju ke larutan yang encer, RO digunakan untuk memisahkan elemen cairan dengan material yang terlarut didalamnya.

system reverse osmosis Reverse Osmosis

Gb 1. sistem reverse osmosis

 

Dewasa ini sistem Reverse Osmose semakin banyak diminati kalangan industri water treatment maupun perumahan untuk mendapatkan air bersih (pure water ) karena faktor simple untuk proses pengoperasian maupun pemeliharaannya.

Bagian utama RO treatment PLTU

  • Disc Filter
  • UF  Filter
  • Cartridge Filter
  • SWRO
  • BWRO

Untuk menjaga kehandalan dari membran RO maka sebelum Air masuk ke Membran RO perlu dilakukan pre treatment berupa filtrasi (Disc filter, UF Filter, Cartridge Filter) atau dengan proses Koagulasi dan Flokulasi

BLOK DIAGRAM RO SYSTEM Reverse Osmosis
Gb 2. Blok diagram sistem Reverse Osmosis

 

Sistem Operasi pada disc filter

Dalam proses penyaringan kotoran ada dalam 2 fase kerja yang harus di lakukan dalam pengo-perasian disc filter, yaitu :

  1. Fase Filtrasi / penyaringan Adalah fase kerja unit filter selama melakukan proses penyaringan selama dalam melakukan proses penyaringan kotoran dalam air .
  2. Pencucian Terbalik / back wash Adalah fase pencucian kotoran yang me-nempel  pada  dinding – dinding element filter, dengan cara memompakan / meng-alirkan air bersih kedalam unit filter deng-an arah aliran yang berlawanan terhadap aliran air pada filtrasi / penyaringan

Ultra Filtration ( UF )

Sistem UF menggunakan membran Hol-low Fiber,  sehingga dapat  mengalirkan cairan dalam jumlah yang besar.  Filter ini memisahkan partikel dengan ukuran > 0,1 mikron yang telah melewati Arkal. Terdapat 2 buah train, 1 trin terdiri dari 84 modul.Didalam Ultra Filtration juga terjadi backwash secara otomatis yang pengaturannya berdasarkan timer, yaitu 30 menit produksi,berhenti,kemudian back wash yang semuanya berlangsung dalam 1 train. Back wash berlangsung selama 210 detik, dengan rincian 70 detik pertama aliran udara = air,140 detik sisanya aliran air.Air yang di accept di filter ini ditampung pada UF tank dengan kapasitas produksi 125 m3/jam. Di UF tank di cek kadar Cl2 yang keluar dari Arkal.

ULTRA FILTER Reverse Osmosis

Gb 3. Ultra Filter

 

Cartridge Filter

Filter  ini menyaring partikel dengan ukuran > 5 mikron. Filter ini dipasang untuk mengantisipasi bila ada partikel yang lolos dari UF. Sebelum masuk catridge filter, air diinjeksikan anti klorin, yaitu Na2SO3 dan anti scalant, yaitu poli karboksilat. Tujuan penginjeksian anti klorin adalah karena catridge filter mempunyai bahan yang tidak tahan terhadap klorin. Bila terpapar pada klorin, maka serat catridge akan meluruh. Sedangkan tujuan ditambahkannya anti scalant adalah untuk mencegah terbentuknya endapan pada RO yang dikhawatirkan akan menyumbat RO dan mengganggu kinerja dan efisiensi RO.
KONSTRUKSI CARTRIDGE FILTER Reverse Osmosis
Gb 4. Konstruksi Cartridge Filter

favicon Reverse Osmosis Reverse Osmosis

Kimia Pembangkit

About alief rakhman

Jika menurut sahabat artikel ini bermanfaat, silahkan COPY atau SHARE serta cantumkan sumbernya (URL lengkap artikel). Terimakasih.