Kimia Pembangkit

Air  murni  dengan  rumus  kimia  H2O  mempunyai  sifat  sebagai  pelarut  zat – zat  yang  sangat  baik , sehingga  dalam  keadaan  bebas  dialam ,  jarang  didapat  air  murni.  Air  murni  diperoleh  dengan  jalan  melalui  proses  pengolahan  air ( water treatment) . Untuk  kebutuhan  suatu  pembangkit  listrik  seperti  air  pendingin  mesin  diesel  dan  air  boiler  PLTU / PLTGU ,  tidak  cukup  menggunakan  air  murni  sebagai  media transformasi energi,  karena  masih  dibutuhkan  kriteria-kriteria  tertentu.

Dalam Kimia Pembangkit ada 3 hal yang harus diperhatikan dalam menangani  air  yang  dibutuhkan, dengan  memperhatikan aspek-aspek sebagai berikut:

  1. Sifat – sifat  zat yang terkandung didalam air
  2. Pengaruh  zat terkandung  terhadap  peralatan sistem
  3. Penanggulangan Terhadap Pengaruh Kandungan Air
Untuk  mencegah  terjadinya  korosi  dan  deposit  kerak  yang  sangat  mengganggu  pada  sistem ,  maka  air  baku  perlu  diolah  terlebih  dahulu ,  yaitu  dengan  cara  pengolahan  air (  Eksternal  Water  treatment ) ,  kemudian  air  yang  masuk  sistem  diolah  dengan  sistem  internal  Water  Treatment.
Pengolahan External (External Treatment)
adalah semua metoda pengolahan yang dilakukan pada pengolahan air mentah (raw water) menjadi air baku (treated water) yang sesuai dengan kriteria dan standard kwalitas.
Pengolahan Internal (Internal Treatment)
adalah semua metoda pengolahan untuk memperbaiki sifat air baku (treated water) agar tidak menimbulkan korosi dan pengerakan pada peralatan perpindahan panas maupun peralatan lainnya.
kimia pembangkit1 Kimia Pembangkit
Gb. 1 Proses pengolahan air di PLTU
Pada dasarnya pengolahan air di pembangkit di dasarkan pada sumber air bakunya, seperti:
  1. Air sungai / tanah
  2. Air laut: mulai dari air laut kemudian chlorinasi, penjernihan, desalinatin
Pencegahan korosi di daerah kondensor:
  1. Proteksi alami
  2. Air pendingin ditreatmen dengan NaOH agar netral
  3. Proteksi Cathodic, dengan memberikan arus searah ke permukaan logam dan mengkonversikan semua daerah anoda logam menjadi kathodic
  4. Dengan pengorbanan Cathoda, Ferro-Sulfat diinjeksikan pada air laut yang masuk kondensor untuk menciptakan lapisan film sebagai pelindung pada permukaan dalam pipa untuk mencagah terjadinya korosi dan erosi

favicon Kimia Pembangkit Kimia Pembangkitfavicon Kimia Pembangkit Kimia Pembangkit

Kimia Pembangkit

About alief rakhman

Jika menurut sahabat artikel ini bermanfaat, silahkan COPY atau SHARE serta cantumkan sumbernya (URL lengkap artikel). Terimakasih.